Apa itu Software Defined Network (SDN) ? - Read Aja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, 29 September 2019

Apa itu Software Defined Network (SDN) ?




Apa itu Software Defined Network (SDN)?

Software Defined Network (SDN) adalah suatu abstraksi pada jaringan yang berfungsi untuk memisahkan control plane dan data plane pada perangkat jaringan, sehingga konfigurasi pada jaringan menjadi lebih terpusat.



Apa itu Control Plane?
Control Plane adalah bagian dari suatu perangkat yang berfungsi untuk memberikan perintah peroutingan atau pemilihan jalur pada jaringan.

Apa itu Data Plane?
Data Plane adalah bagian dari suatu perangkat jaringan yang berfungsi untuk meneruskan paket atau data yang jalurnya telah ditentukan oleh Control Plane.


Pada jaringan tradisional, control plane dan data plane masih pada berada satu layer yang sama dan berada pada satu keutuhan perangkat, sehingga jika ingin melakukan konfigurasi routing harus pada semua prangkat.


Sedangkan pada Software Defined Network (SDN) fungsi control plane dan data plane dipisahkan menjadi dua bagian yang benar - benar berbeda. Control plane pada SDN juga bisa disebut dengan controller, dan data plane pada SDN bisa disebut sebagai switch. Jika ingin melakukan konfigurasi routing hanya perlu dilakukan sekali pada controller saja.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages