Apa itu Network Function Virtualization (NFV) - Read Aja

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Thursday, 3 October 2019

Apa itu Network Function Virtualization (NFV)




Network Function Virtualization (NFV) adalah suatu service yang menawarkan cara baru untuk mendesign, mendeploy, dan memanajemen serfice / fungsi jaringan seperti dns, firewall, dll. NFV mengambil fungsi jaringan tersebut dari sebuah hardware, sehingga kita bisa menggunakan softwarenya saja. 

Alasan munculnya NFV adalah kebutuhan dalam melakukan deploy fungsi jaringan yang cepat, dan telah diketahui bahwa jika menggunakan hardware-based maka akan membuat kecepatan saat mendeploy fungsi jaringan menjadi lebih terbatas. 

NFV Framework



1. NFV Infrastructure (NFVI)
NFVI atau NFV Insfrastructure adalah infrastruktur dari NFV yang didalamnya terdiri dari beberapa bagian yaitu Virtual Infrastructure yang berfungsi sebagai infrastruktur bagian virtual yang berisi Virtual Networking (vswitch,vrouter), Virtual Storage, Virtual Compute (Virtual Machine).

kemudian bagian selanjutnya adalah Physical Infrastruktur yang berisi Network hardware (Switch layer 2 / layer 3, router), Storage Hardware (External SAN atau NAS), Compute hardware. 

Kemudian ada satu bagian lagi yang menghubungkan Virtual Infrastructure dan Physical Infrastructure yaitu Virtualiation Layer yang berfungsi untuk memvirtualisasikan infrastruktur fisik afar menjadi virtrual.


2. NFV Management and Orchestration (MANO)

NFV MANO (Management and Orchestration) adalah bagian dari NFV yang berfungsi untuk melakukan management pada cloud data center. NFV MANO dibagi menjadi tiga fungsi yaitu
  • NFV Orchestrator yang berfungsi untuk mendeploy fungsi jaringan dan paket VNF, melakukan validasi dari permintaan dengan sumber daya yang ada pada NFVI.
  • VNF Manager yang berfungsi sebagai coordinator untuk konfigurasi antara NFVI dan E/NMS.
  • VIM (Virtual Infrastructure Manager) yang berfungsi untuk mengontrol dan memanagement NFVI Hardware, Storage dan perangkat jaringan


3. VNF (Virtual Network Function)

Virtual Network Function (VNF) adalah suatu fungsi jaringan yang awalnya berada pada di suatu perangkat namun diambil fungsinya sehingga menjadi software seperti router, firewall, dns, dan sejenisnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages